Flashdisk kena Virus?

Flashdisk kamu kena virus sewaktu main di warnet, komputer rental atau laptop teman? :-/

Virus banyak menyebar pada sistem operasi Windows.  Mungkin dikarenakan banyak para pembuat virus yang tidak suka dengan OS (Operating Sistem) komersial itu. :silly:

Kamu mungkin geram dengan flashdisk kamu yang ketika kamu colokin ke komputer / laptop, flashdisk kamu langsung kena virus dikarenakan komputer/laptop tersebut telah terjangkit virus. Hal tersebut dikarenakan file Autorun.inf yang terdapat pada flashdisk dirubah atau di replace oleh virus.

Jadi bagaimana solusinya?

Beberapa waktu yang lalu ada email yang masuk ke alamat email saya yang menginformasikan suatu aplikasi yang dibuat oleh antivirus Panda yang bertujuan mencegah penyebaran virus di flashdisk.

Nama aplikasinya adalah “Panda USB and AutoRun Vaccine”.  Aplikasi ini bersifat stand alone dengan kata lain tidak dibutuhkan peng-install-an. Aplikasi ini akan membuat file Autorun.inf yang ada pada flashdisk tidak bisa dihapus, diganti atau dimodifikasi sehingga virus tidak mudah menyebar melalui flashdisk meskipun flashdisk kemungkinan kecil masih bisa terjangkit virus.

Panda USB and AutoRun Vaccine
Panda USB and AutoRun Vaccine


Fungsi utama aplikasi ini yaitu:

  • Computer Vaccination, menonaktifkan fungsi autorun windows dari berbagai media drive  seperti USB Flashdisk/CD/DVD sehingga tidak ada program yang dapat berjalan sendiri secara otomatis tanpa eksekusi penggunanya. Komputer yang telah diberi vaksin bisa dihilangkan dengan progam ini juga.
  • USB Vaccination, memberikan “vaksin” yang membuat file autorun.inf tidak bisa dihapus, diganti atau dimodifikasi di USB Flash Drive (Flahsdisk). Dengan demikian virus tidak akan bisa menyebar (secara otomatis) melalui flashdisk dengan perantara file autorun.inf  dan flashdisk tetap bisa digunakan seperti biasa.

1 thought on “Flashdisk kena Virus?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *